SELAMAT DATANG DI PUSKOPDIT FLORES MANDIRI

 
 
                 
 
OJT sebagai Basis Pengembangan PKS

 

Ende, puskopditfm.co.id

Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Flores Mandiri, malam tadi (4/6) mengutus-pergikan 24 peserta On Job Training (OJT). Mereka telah mendidik dan dididik, melatih dan dilatih sebagai calon karyawan koperasi kredit (kopdit) selama 60 hari. OJT dimulai sejak tanggal 07 April hingga 05 Juni 2015 di Puskopdit Flores Mandiri Training Center, jalan Melati No 01 Ende, Flores, dan didampingi fasilitator dari internal Puskopdit Flores Mandiri.

Acara penutup mengusung tema, Syukur dan Perutusan dan dikemas dalam perayaan ekaristi, dipimpin oleh Pater Yustinus, SVD dan Pater Elias Doni, SVD.

Dalam pesan kothbahnya, Pater Elias mengajak 24 peserta OJT untuk senantiasa bersyukur. Bersyukur sebab selama 60 hari kita telah menimbah kekuatan dari pelatihan ini. Di sini, lanjut Elias, kita dikenyangkang dengan makanan jasmani dan rohani, mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan skill, membina mental dan spiritualitas hidup berkoperasi supaya esok kita siap diutus ke kopdit kita masing – masing. Pelatihan ini adalah wujud Allah menyatakan kehendakNya kepada 24 peserta lewat Puskopdit Flores Mandiri, pendamping, fasilitator, dan bagian dapur, katanya.

Maria Goreti Bupu, seorang peserta dari kopdit Sehati, Bajawa, mengatakan, dia bersama teman – temannya awalnya datang dalam ketidaktahuan apa – apa. “Kami datang dalam keadaan ‘kosong’”, katanya. Makanya, ia berterima kasih kepada Puskopdit Flores Mandiri, yang telah mendidik dan mendampingi peserta OJT dengan tabah.

Lagi, menurut Bupu, peserta OJT angkatan ini lebih didominasi oleh kaum perempuan. Ini menunjukkan, perempuan adalah episentrum perkembangan kopdit ke depan. Ibarat seorang ibu yang mengandung, melahirkan dan menyusui, diharapkan peran optimal kaum perempuan untuk melahirkan kesejahteraan bagi anggota kopdit di wilayah Puskopdit Flores Mandiri.

Sementara itu, Donatus Satu, peserta dari kopdit Tekad, Tomberabu – Ende, mengucapkan syukur tak berhingga atas kegiatan pelatihan ini. “Terus – terang, ada perubahan perilaku dan pola pikir, selain keterampilan dan pengetahuan baru yang diperoleh”, kata Don, panggilan akrab Donatus Satu.

Selain bersyukur atas kesempatan istimewa ini dipercayakan baginya sebagai kaum muda gerakan kopdit, Don menyebut, seluruh metode dan materi yang diberikan sudah sangat lengkap dan komplit. Hanya saja, jelasnya, kita pulang ke kopdit masing – masing dan mulai menulis, mewujudnyatakannya dalam pelayanan kepada anggota dan masyarakat.

Tak dipungkiri, kegiatan ini menuntut keikhlasan dan kerelaan peserta. Kehadiran ke 24 peserta OJT angkatan XII ini menginspirasi Puskopdit dan menjadi hebat. “Anda sendiri yang menginvestasikan diri anda sendiri”, kata Mikhael H. Jawa, manajer Puskopdit Flores Mandiri.

Mikhael menjelaskan, dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) akhir tahun ini, Puskopdit Flores Mandiri yang didukung kopdit – kopdit primernya telah mempersiapkan SDM yang handal sejak tahun 2007. “Kita biar kecil, tapi cara berpikir kita harus besar. Sebab harga diri kita nanti tidak bisa dibeli dengan rupiah”, katanya.

Oleh sebab itu, manajer Puskopdit Flores Mandiri ini menyampaikan terima kasih kepada peserta yang mau menginvestasikan diri. Peserta telah mendapatkan PKS - Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. Kiranya, makna PKS ini akan menjadi Pasti Kita Sukses, dan sumber karya kita adalah semangat.

Akhirnya, Pater Elias Doni, SVD dan Pater Yustinus, SVD memberikan sepatah dua kata singkat sebelum berkat penutup. Pesan Pater Elias, hendaknya selalu tekun dengan diri sendiri dan tekun bersama Tuhan. Lalu, kata Pater Yustinus, SVD, perlu menyisihkan sedikit waktu bersama Tuhan dalam setiap kesibukan rutinitas kita nanti.(Roman Rendusara/Puskopdit Flores Mandiri).

 
 
 
   
  OJT, Basis Pengembangan PKS  
  Bekali Staf Kopdit Agar Menjadi Konsultan Bisnis  
     
   
  Mengenang Bapak Theofilus Woghe  
  Orang Flores, Kopdit dan 'Res, Non Verba'  
  Spiritualitas Kebersamaan: Kekuatan Perubahan  
     
   
Berita
Opini
Diklat
Audit
Hotel
   
   
©Copyright Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Flores Mandiri 2015